Kamis, 20 Januari 2011

ITS Habiskan Dana 100 Juta

   SURABAYA-Bisa jadi karena bertindak sebagai tuan rumah babak penyisian wilayah Regional IV (Jatim dan Indonesia Timur), ITS tidak ingin malu dalam menyongsong Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Mei nanti. Buktinya, untuk menghadapi even bergengsi tersebut, setidaknya ITS telah menguras dana hampir Rp100 juta.
   Dana sebesar itu digunakan untuk membuat robot-robot yang bakal ditarungkan dengan robot ciptaan kampus-kampus lain. Selain itu, untuk membuat lapangan sebagai arena sang robot. Satu lapangan KRI dan dua lapangan KRCI saja menghabiskan biaya sekitar Rp 40 juta hingga Rp 50 juta. Luas lapangan KRI 14,5x13,5 meter, sedangkan KRCI (expert) 3 x 2,16 meter dan senior 2,48 x 2,48 meter.
   Rudy Dikairono, salah seorang pembina tim robot ITS, mengungkapkan bahwa rencananya, mulai hari ini dilakukan pengambilan gambar atau video. Menurut dia, ITS optimis bisa melewati tahap evaluasi video. Adapun target yang dipasang ITS saat ini adalah tampil baik di penyisihan regional pada 17 Mei nanti. Paling tidak, ITS harus masuk tiga besar. Bahkan, bila perlu berhasil menjadi juara tim.
   Seperti pernah diberitakan, kampus ITS paling banyak menyertakan robot di KRI-KRCI. Tampil di KRI di antaranya robot Koumori. Di KRCI ada expert swarm (Twin_Junior_03), expert single (TnT), senior beroda (az-wad), serta senior berkaki (Al_Fajry).
   Anggota Tim KRI ITS Gigih Adicita Wijaya mengatakan, tiga robot otomatis sudah bisa berjalan dengan baik. "Cuma, memang ada satu yang masih terus diperbaiki mekaniknya,"katanya. Untuk performa robot manual, dia sama sekali tak meragukan.
   Dalam uji coba di lapangan kemarin (10/4), gerakan robot otomatis memang sudah lincah. Namun, tim belum mau menunjukkan atraksi gendong-gendongan robot mengambil keju di tiang tertinggi.
   Sementara itu, Ketua I KRI-KRCI Regional IV Wiratno Argo Asmoro mengatakan,pertarungan di Regional  IV bakal sangat heboh dan ketat. Karena itu, setiap kampus hendaknya mempersiapkan secara optimal.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar